Cari Blog Ini

Rabu, 16 Maret 2011

Kadin: Industri Otomotif Paling Terpukul

Jakarta: Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) Indonesia menilai bencana Tsunami Jepang akan memukul sektor otomotif di Indonesia. Sektor industri dengan pertumbuhan tinggi tersebut dinilai yang paling memengaruhi dari sisi hubungan ekonomi Indonesia – Jepang, selain sektor elektronik dan permesinan.
Ketua Kadin Hubungan Ekonomi Indonesia-Jepang Sony B Harsono mengatakan bahwa Jepang merupakan negara tujuan ekspor, dan juga pemasok suku cadang beberapa industri di Indonesia. Jadi, sangat beralasan jika sektor industri dalam negeri yang akan terpukul dari bencana dahsyat Jepang itu. Namun, Sony mengaku belum mengetahui total kerugian yang dialami sektor dalam negeri akibat bencana Jepang tersebut.
Sony mengatakan skala bencana dan konsekuensi pasca-bencana tsunami masih belum jelas, terutama setelah terjadinya ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima yang menyebabkan kebocoran radioaktif. Namun diharapkan kondisi itu tak berlangsung lama.
Sony menambahkan bencana tsunami di Jepang memang telah menghancurkan pasar finansial negara tersebut, tetapi tidak dengan pasar modal.(DSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar